LKPASI DUKUNG PENGEMBANGAN LKN NUSANTARA

Launching PT Inti Kreasindo Nusantara (IKN), sebuah perusahaan yang didirikan untuk mendukung dan mempercepat pembangunan Ibu Kota Nusantara, telah diselenggarakan pada Selasa, 22 Maret 2022 di kantor deCenter, Jakarta.

Hadir beberapa tokoh dan investor dalam dan luar negeri, yang tertarik untuk terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara. Di antaranya, adalah Investor dari Korea, Para Pengusaha nasional dan beberapa undangan dari instansi pemerintahan yang terkait, seperti Kemenko Perekonomian, Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam sambutan launching tersebut, Revli Orelius Mandagie, Direktur Utama PT Inti Kreasindo Nusantara menjelaskan, berdirinya perusahaan ini dilatarbelakangi oleh tekad dan keinginan besar dari seluruh inisiator dan founder perusahaan ini, yakni tim sembila dari Komite Ibu Kota Negara- Lembaga Kajian Nawacita (LKN), untuk bisa memberikan andil dan sumbangsih bagi kemajuan pembangunan masyarakat, bangsa dan  negeri. Terutama dalam mendukung pembangunan dan meningkatkan akselerasi terwujudnya Ibukota negara (IKN) baru yang kini juga menjadi perhatian pemerintah.

Dalam acara syukuran dan peresmian berdirinya perusahaan ini, juga dipaparkan visi, misi, dan tujuan didirikannya perusahaan ini. “Visi utama perusahaan yakni untuk menjadi perusahaan nasional sebagai penggerak utama yang aktif dalam mempercepat pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” ujarnya

“Kedua, kami ingin mendorong percepatan pemenuhan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dengan memberikan penjaminan dan nilai tambah bagi pembangunan infrastruktur yang memiliki dampak kemanfaatan yang paling besar kepada masyarakat Indonesia.”

“Terakhir, ingin melindungi kepentingan pemerintah dalam pemenuhan pembangunan infrastruktur melalui proses yang transparan dan akuntabel dan meningkatkan kepercayaan dari pihak investor dengan memberikan kenyamanan berinvestasi dan kepastian pembayaran atas klaim risiko kerugian suatu proyek infrastruktur yang dikerjasamakan,” jelas Revli.

Sebagaimana diketahui, pada  Februari tahun 2022, telah ditetapkan Undang-Undang (UU) No 3 Tahun  22 tetang Ibu Kota Negara. UU Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara ini telah mengamanatkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Pembangunan itu merupakan sebuah lompatan besar untuk melakukan transformasi menuju Indonesia Maju. IKN Nusantara akan menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia dan mencerminkan identitas nasional.

Miniatur IKN

Di Jakarta, PT IKN  berencana membangun miniatur Ibu Kota Negara (IKN) yang akan memberikan gambaran dan informasi detil tentang kemajuan pembangunan  IKN di Kalimantan Timur. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan calon investor untuk mendapatkan informasi yang akurat dan menyeluruh terkait IKN. Dalam hal ini, PT IKN juga dapat berperan sebagai konsultan untuk memberikan solusi dan menjembatani kerja sama dan pembiayaan pembangunan di Ibukota negara baru di Kalimantan Timur.

MoU PT IKN dengan Kelompok Pengusaha Korea dan LKPASI

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau “nota kesepakatan” IKN dengan mitra. Pertama dengan calon investor dari Korea yang akan ikut mendukung pembangunan  di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) yang baru ini. Kedua penandatanganan Nota Kesepahaman Komite IKN Lembaga Kajian Nawacita dgn Lembaga Komunikasi Pemangku Adat Seluruh  Indonesia ( LKPASI).

Dalam acara ini juga diperkenalkan jajaran direksi dan komisaris PT IKN kepada para tamu undangan yang hadir.  Peresmian perusahan baru ini ditandai dengan pemecetan tombol besama dana pemotongan tumpeng oleh Komisaris Utama PT IKN, Samsul Hadi yang juga Ketua LKN.

Samsul Hadi selaku Komisaris Utama Inti Kreasindo Nusantara menyatakan sejalan denbgan visi yang ingin diwujudkan perusahaan yang baru berdiri di bulan Maret 2022 ini yaitu menjadi perusahaan nasional penggerak utama yang aktif dalam mempercepat pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia, pihaknya akan melakukan berbagai strategi dan terobosan, termasuk menjalin kerja sama dengan para investor.

“Kami membawa misi memastikan percepatan pemenuhan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dengan memberikan penjaminan dan nilai tambah bagi pembangunan infrastruktur,” ungkap Samsul, yang juga sebagai Ketua Umum Lembaga Kajian Nawacita, kepada para hadirin yang hadir di acara syukuran pendirian Inti Kreasindo Nusantara.

Produk dan Layanan

Sejalan dengan meningkatnya permintaan pembangunan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, Revli mengutarakan saat ini Inti Kreasindo Nusantara menawarkan lima produk dan layanan.

“Pertama, Penjaminan Pemerintah. Kedua, Penjaminan Pinjaman Langsung BUMN dan Penjaminan Korporasi.”

“Ketiga, Proyek dan Pendampingan Transaksi Proyek Infrastruktur. Produk dan layanan berikutnya, berupa Penjaminan Lainnya dan Pengembangan Kapasitas.”

Dalam kesempatan ini, Revli pun mengutarakan bahwa perusahaan akan berperan secara aktif dalam rangka akselerasi pembangunan infrastruktur Indonesia.

“Kami akan terlibat dalam pengembangan proyek-proyek infrastruktur baik di pusat dan daerah untuk direncanakan dan dikembangkan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).”

Tidak hanya itu, Revli pun memastikan bahwa perusahaan akan mendorong pembangunan infrastruktur berkelanjutan untuk masyarakat.

“Seperti adanya Perlindungan Lingkungan dan Sosial, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, dibuatnya Laporan Keberlanjutan dan Laporan CSR,” tutupnya

Susunan Komisaris dan Direksi

Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Inti Kreasindo Nusantara pada 12 Maret 2022, berikut Susunan Komisaris dan Direksi perusahaan. Mereka memiliki pengalaman panjang sebagai profesional swasta dan dari pemerintahan.

Samsul Hadi – Komisaris Utama

Nur Amin Widjaja – Komisaris

Revli Orelius Hubertus – Direktur Utama

Ngasiman – Direktur Keuangan

Totok Sediyantoro – Direktur Operasional

Antonius Latuhayat – Direktur Riset & Pengembangan

Lutfi Handayani – Direktur Personalia

Windu Hidranto – Direktur Kerjasama Dalam Negeri

Wisnu Pradoto – Direktur Kerjasama Internasional

Telah dimuat di https://www.topbusiness.id/

Loading

lkpasi

Leave a Reply Text

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *