Lembaga Komunikasi Pemangku Adat Seluruh Indonesia Gelar Simposium Di Jakarta

Sebuah Lembaga yang peduli dan perhatian terhadap tanah Ulayat LKPASI (Lembaga Komukasi Pemangku Adat Seluruh Indonesia) yang diketuai oleh YM Datuk Juanda Datuk Bentara dari Kesultanan Deli Serdang akan menggelar Kegiatan Simposium Nasional dan Deklarasi Maklumat Raja Sultan Datu Penglingsir kepala suku marga Pemangku Adat Seluruh Indonesia  pada tanggal 19 sampai 20 Mei 2022 yang bertempat di Grand Cempaka Business Hotel, Kawasan Jakarta Pusat.

Dalam keterangan persnya secara tertulis pada Selasa  (17/5/2022) jelang digelarnya Simposium dan Deklarasi, Dr Ruliah, SH., MH selaku Sekretaris Umum LKPASI yang juga sebagai sekretaris panitia Simposium dan Maklumat LKPASI 2022 mengatakan “kegiatan ini sebagai momentum sejarah dan kebangkitan Nasional para raja sultan, pemangku adat di seluruh Indonesia. Maka Pada kegiatan Simposium dan deklarasi ini secara lengkap akan di ikuti peserta yang  berjumlah 200 orang mewakili 70 (tujuh puluh) kerajaan dan 30 (tiga puluh) Komunitas adat di Seluruh Indonesia ujar Dr.

Lebih lanjut Dr Ruliah menegaskan ” kegiatan Simposium dan deklarasi ini adalah untuk menindaklanjuti pidato Presiden RI Bapak Ir Joko Widodo. pada tahun 2018 di hadapan para Raja dan Sultan Nusantara, yang saat itu Bapak Presiden menyampaikan bahwa agar para raja sultan, pemangku adat untuk mendata kembali aset komunal kerajaan kesultanan Nusantara. Oleh karena itu, kegiatan yang dihadiri oleh Raja Sultan Pemangku Adat Se-Indonesia merupakan kesempatan sekaligus kehadiran Raja Sultan Pemangku adat Se-Indonesia dapat menjadi mitra strategis bagi pemerintah dalam pengelolaan tanah tanah Ulayat, tanah komunal, tanah dan tanah swapraja.”

Berdasarkan keterangan panitia pelaksana Simposium ini akan dibuka dan dihadiri oleh Wakil Presiden RI Bapak Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin. Selanjutnya acara Simposium ini  akan menghadirkan Tokoh tokoh adat sebagai narasumber secara tentatif yaitu YM Prof. Dr. Juajir Sumardi, S.H., M.H. (Ketua Dewan Pendiri LKPASI), YM. Jend. TNI (Purn). Dr. H. Moeldoko, S.IP (Kepala Staf Kepresidenan RI), YM Prof. Dr. Ir. GPH. Suyoko M. Hadikusumo, MBA., PhD, (Kesultanan Yogyakarta). YM Prof. Dr. A. Suriyaman Mustari Pide, S.H., M.H. (Guru Besar Hukum Adat Fakultas Hukum Unhas), laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhi Purdijatno, SH Mantan menkopolkam yang saat juga sebagai Ketua DPP FSBN.

“Sejumlah tokoh pun dikabarkan akan menghadiri acara Simposium ini,diantaranya YM Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta), YM. Dr. Sofyan A. Djalil, SH, MA. M. ALD (Kementrian ATR/BPN RI), YM Hary Tanoesoedibjo, MBA (Presdir PT MNC Group), H. Erick Tohir, BA., MBA (Kementrian BUMN RI), Dr. H. Khalit Osman (International Program Digital CEO di Artford International Group Ltd.) , Jend. Prabowo Subianto (Kementrian Pertahanan dan Keamanan RI), Dr. Xachrin Laode (Sekjen Forum Silaturahmi Bumi Putera Nusantara)(FSBN).” pungkas Dr. Ruliah

Telah diberitakan di https://www.inanews.co.id/2022/05/lembaga-komunikasi-pemangku-adat-seluruh-indonesia-gelar-simposium-di-jakarta/

 80 total views,  2 views today

lkpasi

One Response to “Lembaga Komunikasi Pemangku Adat Seluruh Indonesia Gelar Simposium Di Jakarta

Leave a Reply Text

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.